Banyak yang bilang Anda atau produk Anda harus unik agar diperhatikan. Benar demikian? Keunikan berarti sesuatu yang khusus dan membedakan dari yang lain. Jadi wajar saja yang berbeda diperhatikan karena memang tampak lebih menonjol … berbeda tampilan, beda warna , beda logat bahasa, beda cara pembuatan, beda rasa, dan beda lainnya.

Keunikan yang terbaik asalnya dari diri sendiri, tidak dibuat-buat meski bisa saja dibuat lebih “lebay” . Keunikan yang berasal dari dalam atau memang asli dari diri sendiri akan lebih mudah untuk dikembangkan dan ditampilkan. Misalnya seorang artis berinisial CL dulu sangat populer dengan logat bahasa yang kebarat-baratan . Ada beberapa testimoni bahwa sebenarnya cara bicaranya “biasa” saja , namun dibuat menjadi tidak biasa karena memang dia merasa memiliki “darah campuran” luar negeri dan memang sering menggunakan bahasa inggris. Justru akan aneh jika misalnya dia membuat faktor pembedanya / keunikannya dengan bicara logat Manado misalnya.

Punya produk tapi kurang dikenal? Jomblo kelamaan? Bisa jadi Anda kurang menonjolkan keunikan sehingga kurang diperhatikan 😀 .