Ada hubungan apa antara Valentine, Coklat dan Tradisi ?

Coklat , siapa yang tidak suka coklat konon tak akan tau manisnya cinta. Dalam sejarah, coklat oleh Indian Aztec dikenal sebagai minuman masyarakat kelas atas. Bahkan coklat pada masa itu digunakan pula untuk membayar pajak.  Kemudian pada tahun 1600an kenikmatan coklat telah menyebar ke seluruh Eropa, bahkan “Warung Coklat” telah menyaingi “Warung Kopi” sebagai tempat bersosialisasi.

Di Perancis, Madame de Sevigne menuliskan tentang besarnya konsumsi cokelat di seluruh pengadilan Versailles pada tahun 1671, di mana Louis IV meminumnya setiap hari dan Madame du Barry mengakui bahwa ia menggunakan cokelat untuk merangsang kekasihnya.

Pada tahun 1970 ketika Marie Antoinette menikah dengan Louis XVI, ia membawa pembuat cokelat pribadinya ke Versailles. Pembuat cokelat pribadi milik sang ratu ini membuat berbagai macam resep coklat dengan aneka khasiat antara lain untuk stamina, pencernaan dan menenangkan syaraf.

Hubungan Valentine, Coklat, Tradisi

Ada beberapa versi sejarah Hari Valentine atau biasa disebut juga sebagai Hari Kasih Sayang. Tulisan ini tidak akan membahas sejarah valentine, jadi kita sepakati saja Valentine merupakan hari kasih sayang. Sejak Ratu Victoria menjadi Ratu pada 1837 , ia senang sekali menunjukkan perasaan “cinta”nya melalui pemberian kartu dan hadiah pada hari Valentine. Jadilah hari Valentine sebagai hari yang “komersil” karena memiliki ritual pemberian hadiah.

Lalu melihat peluang bisnis yang ada , Richard Cadbury seorang pengusaha cokelat asal Inggris melakukan inovasi membuat coklat dikonsumsi dengan cara yang lebih enak menurutnya. Coklat yang biasanya diminum kemudian diolah menjadi coklat yang bisa dimakan. Coklat tersebut dibungkus dan dikemas dalam kotak berbentuk hati pada 1861.Idenya adalah setelah coklat dimakan, kotak berbentuk hati tersebut dapat digunakan untuk menempatkan benda kenangan lain seperti surat cinta misalnya.

Coklat dalam kotak hati buatan Cadbury kemudian menjadi populer sebagai hadiah Hari Valentine. Lalu para pebisnis coklat pun mulai membuat coklat bertema cinta dan populerlah tradisi pemberian Coklat pada hari Valentine. Menurut malleys.com ada $1.8 billion dihabiskan untuk membeli coklat pada hari Valentine.

Salut buat Cadbury yang jeli melihat peluang untuk menjadikan bisnis coklatnya sebagai bagian dari tradisi. Hasil inovasi coklat yang dikemas dengan tepat menjadi tradisi dan bisnis yang berkelanjutan …

#CemilanBisnis