Tips Mendapatkan Ide Bisnis

Tips Mendapatkan Ide Bisnis

383
0
SHARE

Sebuah ide bisa saja tercetus tiba-tiba, namun proses terbentuknya berasal dari pengetahuan dan pengalaman yang telah dilalui.

 

Bagaimana mencari sebuah ide bisnis? 

 

1. Impian 

Apa impian terbesar Anda? Bisa jadi menciptakan dunia yang lebih ramah lingkungan, maka coba ciptakan pengganti tas plastik belanja. Bisa juga menciptakan makanan yang enak namun menyehatkan, maka buatlah Mi Lethek seperti Mbah Mendes.

 

2. Talenta / Bakat 

Talenta tak selalu terkait dengan latar belakang pendidikan, bisa saja Anda yang seorang Sarjana Kimia ternyata sangat piawai dalam fotografi , menjahit , servis piano atau bahkan memasak.

Bisa juga anda seorang Sarjana Psikologi namun piawai menerbangkan Drone seperti foundernya Dronesia. Atau mungkin Anda seorang dokter yang jago benerin AC.

 

3. Hobi

Beberapa hobi membutuhkan biaya yang lumayan, coba jadikan bisnis. Jika sudah tergabung dalam komunitas yang memiliki hobi sama perhatikanlah apa yang mereka butuhkan … “pasar”nya sudah ada tuh.

 

4. Lingkungan dan Pekerjaan

Dalam berbisnis kita wajib memiliki etika bisnis, tidak disarankan bekerja di sebuah perusahaan jamu seperti misalnya PT Mahkotadewa Indonesia dengan tujuan mencuri resep. Coba lihat apa yang perusahaan Anda butuhkan, bisakah Anda menjadi suppliernya? Dengan proses dan harga yang sesuai pastinya.

 

Salah seorang sahabat baik saya akhirnya membuka usaha PT Trisula Kargo Ekspresindo setelah pengalaman kerja bertahun-tahun di dunia bea cukai.

 

5. Riset

Riset ini merupakan sumber ide tak terbatas. Pergi piknik, temui kawan, bergabung di komunitas bisnis seperti De Britto Business Community, browsing dan lakukan riset online.

Salah seorang kawan akhirnya membuka franchise Rumah Makan Aldan di jalan Kaliurang Yogyakarta setelah melihat peluang rumah makan di daerah itu dan melakukan riset.

 

Cari tau apa yang orang butuhkan dan bisa Anda sediakan.

 

Siap mencari ide bisnis? Sudah dapat ide? Jika sudah coba minta pendapat beberapa “pakar” yang bisa dipercaya.

Jangan meminta pendapat hanya karena orang tersebut kawan baik. Mosok mau bisnis ikan malah bertanya ke kawan baik Anda yang seorang pemilik bengkel Banoli di Kebumen tanpa pengalaman bidang perikanan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY