Perlu Kritis Saat Melihat Peluang

Perlu Kritis Saat Melihat Peluang

33
0
SHARE

Kata Kritis bisa berarti kondisi gawat , namun yang saya maksud kali ini yaitu kritis yang berarti : bersifat tidak lekas percaya; bersifat selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan;  tajam dalam penganalisisan.

Kritis bukan berarti Skeptis yang hanya berarti kurang percaya atau ragu-ragu tanpa menganalisa. Jika hanya skeptis, itu menandakan Anda mungkin saja memang malas berpikir 🙂 .

Permasalahan orang yang “merasa jenius” adalah berhenti pada sikap skeptis tanpa berpikir lebih lanjut. Seringkali peluang atau ide yang seharusnya bisa dikerjakan dengan baik menjadi tertutup karena penolakan di awal.

Dalam melihat setiap peluang usaha kita sebaiknya bersikap kritis, tidak tergesa-gesa untuk langsung percaya namun tetap tenang dan berpikir. Pikirlah berkali-kali, cari data dan fakta pembanding yang terpercaya, mintakan juga pendapat dari orang lain yang kompeten. Cobalah untuk “keluar dari sepatu” dan “kenakan sepatu orang lain” untuk melihat sudut pandang berbeda. 

Bersikap kritis berlaku juga buat yang hobi broadcast atau baca berita broadcast , jangan langsung percaya … cek terlebih dahulu … jika malas untuk cek maka sebaiknya simpan saja untuk Anda sendiri .

Mari bersikap kritis 🙂

#CemilanBisnis
#DBBC
#DeBrittoBusinessCommunity
#HBU
HBUtomo.com

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY