Inovasi menurut kamus Bahasa Indonesia berarti penemu-an baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Dalam Bisnis Inovasi mutlak diperlukan , bahkan ada anggapan “Bisnis tanpa Inovasi hanya tinggal menunggu mati” . Inovasi adalah suatu perubahan baru , dan perubahan itu sesuatu yang harus terjadi agar tetap dapat berjalan. 

Telah banyak contoh perusahaan / bisnis yang “jatuh” karena kurang atau bahkan tidak adanya Inovasi. Sebut saja Kodak dengan bisnis film kameranya. Sebenarnya Kodak telah menciptakan kamera digital pertamanya tahun 1976, namun karena takut kamera tersebut akan menghancurkan penjualan film kameranya maka Kodak tidak serius untuk mengembangkannya lebih lanjut. Inovasi yang luar biasa itu tidak berlanjut. Hasilnya? Pada saat kamera digital booming dan Kodak ikutan menjual kamera digital sudah sangat terlambat. Kodak kalah dengan kamera digital lain yang sudah lebih dulu berkembang dan lebih murah.

Mengapa Inovasi bisa telat? Mengapa perusahaan besar bisa telat berinovasi? Apa musuh dari Inovasi?  Menurut saya : “Musuh dari Inovasi = Birokrasi dan Kenyamanan” . Menurutmu ?