Mengidentifikasi Peluang Usaha Yang Layak Dikerjakan

Mengidentifikasi Peluang Usaha Yang Layak Dikerjakan

34
0
SHARE

PELUANG bisa diartikan PELaku akan medapatkan UANG. Banyak peluang usaha bertebaran , bisa berupa tawaran usaha maupun ide untuk membuat sesuatu …

Tak semua peluang usaha “layak” dikerjakan, bagaimana cara menilai atau mengidentifikasi peluang yang “layak” dikerjakan? Berikut tips yang saya kumpulkan dari beberapa sumber dan dari pengalaman pribadi :

1. Merupakan Solusi : peluang usaha yang baik dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Misal : solusi dari yang suka makan “enak” tapi kolesterolnya tinggi ya JAMKHO atau MADECOL.

2. Mempunyai Added Value : sebuah peluang yang baik dapat memberikan nilai tambah dari sesuatu yang sudah ada.

3. Mampu Meningkatkan Profit atau Market : peluang yang baik tentunya harus menghasilkan keuntungan dan atau memperbesar market. Melakukan ekspansi usaha sendiri dapat memperbesar market, namun perhitungkan dengan baik apakah benar menguntungkan? Bagaimana jika bekerjasama dengan pihak lain?

4. Memiliki Risk & Reward yang sepadan. Usaha yang dikerjakan sebaiknya sepadan dengan apa yang nantinya akan didapatkan.

5. Tidak Musiman : jika mengincar usaha yang langgeng maka jangan memilih usaha yang sifatnya “musiman”

6. Tidak Mudah Ditiru : apa yang anda kerjakan tidak mudah ditiru.

7. Ketersediaan Produk (barang atau jasa) Terjamin : sebagus apapun peluang , jika kita sulit menyediakan apa yang kita jual maka itu merupakan hambatan yang sangat besar. Misalnya makan kadal berbuntut 3 berkhasiat mengobati flu … Memangnya mudah menemukan kadal berbuntut 3? 😁

Ada ide atau saran lain dalam mengidentifikasi peluang usaha yang layak dikerjakan?

#CemilanBisnis
#DeBrittoBusinessCommunity
#DBBC
#HBU
HBUtomo.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY