Salah satu komunitas Alumni De Britto yang saya ikuti yaitu #Manuksgrapher, komunitas alumni De Britto penggemar fotografi. Menurut info mas Fajar (alumni JB 94) , komunitas ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama , namun juga sempat vakum lama. Di tengah maraknya WA Group , komunitas #Manuksgrapher seakan “reborn” dan siap unjuk foto 😀 .

Kurang lebih sebulan aktifitas berbagi ilmu dan foto di WA Group kami lakukan, tapi ilmu tanpa praktek rasanya kurang tjihui. Beruntung #Manuksgrapher memiliki anggota yang siap berbagi , jadilah kegiatan belajar foto bareng dilaksanakan untuk pertama kali. Mas Anton Ismael (alumni JB 94) merupakan tuan rumah sekaligus pencetus acara ini dengan dibantu mas Kelik Broto (alumni JB 2000) sebagai narasumber, topik yang dipilih yaitu Basic Foto Model.

Acara yang dilaksanakan tanggal 10 Juni 2017 dimulai pukul “10-an” dan diikuti oleh kurang lebih 20an fotografer dengan berbagai level. Ada yang levelnya sudah profesional nan kondhiang seperti mas Edy “Singomoto” dan mas Kristupa Saragih , level biasa-biasa saja … hingga saya yang levelnya masih foto pake HP buat instagram 😀 .

Ada satu perkataan dari mas Kelik Broto selaku narasumber yang saya ingat terus yaitu “Untuk Menghasilkan Foto yang Baik Maka Anda Harus “Mencintai” Model”. Saat ada yang tanya bagaimana kalo modelnya pria? mosok pria sama pria? Jawab mas Kelik … (sensor, salahe ra melu).

Secara keseluruhan acara yang berlangsung selama 6 jam lebih ini berjalan sangat seru, banyak ilmu dan tentunya foto-foto bagus dihasilkan. Terima kasih untuk semua yang sudah datang, untuk mas Anton Ismael yang sudah menyediakan tempat, mas Kelik Broto selaku narasumber, mas Wan Liem yang sudah membantu mengurus model , mas2 asisten fotografer, mas2 dari Warung Pa’ e , MUA dan tentunya mbak-mbak model . Sampai ketemu di kegiatan berikutnya.

** Untuk foto-foto hasil member #Manuksgrapher bisa diakses di Instagram dengan hashtag #Manuksgrapher
** Video Acara : Setyo Adi Nugroho