Bodong itu artinya adalah pusar yang menonjol. Ada yang pusarnya bodong? hehe … entah kenapa sering digambarkan untuk menyebutkan barang yang tidak jelas kepemilikannya , misal : “Polisi menyita sepuluh motor bodong (tidak jelas kepemilikannnya)” ketimbang digunakan untuk kalimat berikut “Kepandaiannya lebih bodong (menonjol) dibandingkan kawan-kawannya” .

Untuk alasan penggunaannya biarlah apa adanya yang sudah berjalan, kita bicarakan investasi bodong atau investasi tipu-tipu saja.

Mengapa investasi bodong “laku” ditawarkan? Menurut saya ada 1 alasan utama yaitu ingin cepat untung besar, selain ada juga faktor pendukung lain seperti : 
kedekatan personal, yang menawarkan investasi orang dekat (teman bahkan saudara)
kepercayaan yang berlebihan , biasanya kepada tokoh masyarakat yang menawarkan
kasihan , ingin menolong orang yang menawarkan
bingung , terlalu banyak duit jadi bingung mau diapakan , atau malah kepepet butuh duit cepat
kuper (kurang pergaulan) atau kudet (kurang update) , jarang bergaul atau malas bertanya hingga tertipu modus orang yang menawarkan investasi bodong

Lalu siapa yang biasanya ditarget oleh investasi bodong? Dari pengalaman , cerita kawan dan baca berita bisa dibilang hampir semua masyarakat ditarget. Investasi bodong tidak mengenal kawan bahkan saudara , yang penting ada dana masuk. Ciri utamanya jelas, untung besar dan tanpa kejelasan (jaminan atau surat-surat resmi). Tingkat pendidikan orang yang tertipu pun macam-macam , beberapa cerita menyebutkan orang yang dianggap pintar juga banyak yang tertipu. Namun biasanya orang yang dianggap pintar itu tidak gembar gembor atau melaporkan karena malu jika diketahui ikutan kena tipu.

Miris melihat ada pensiunan yang baru menerima pensiun kehilangan semua uang pensiun karena investasi bodong, ada juga orang yang berhutang hanya demi menanamkan uang di investasi bodong. Kok tega ya?

Modusnya bagaimana? Yang utama adalah menghimpun dana dengan iming-iming besar. Alasan menghimpun dana bermacam-macam misalnya investasi koperasi , agrobisnis , properti , bidang IT , hingga ada juga yang Mistis. Teman saya ada yang tertipu investasi yang katanya mengambil “uang atau harta gaib” lho .

Lalu bagaimana supaya tidak tertipu investasi bodong? Saran saya yaitu :
– Jangan mudah tergiur untung besar yang tidak masuk akal, meskipun yang menawarkan adalah kawan bahkan saudara sendiri.  Lihat bunga bank dan bandingkan dengan bunga investasi yang ditawarkan
– Selalu bertanya kepada banyak orang sebelum melakukan investasi
– Pastikan perjanjian yang jelas sebelum melakukan investasi, cek juga surat-surat penunjang seperti bukti kepemilikan tanah , usaha , dll
– Pelajari terlebih dahulu investasi / bisnis yang ditawarkan , jangan hanya “pasrah” menaruh uang tanpa mengerti bisnisnya . Tidak ada uang mudah bray 🙂

Kalo sudah terlanjur tertipu atau ada kawan yang tertipu bagaimana? LAPORKAN , jika memang ada perjanjian sebelumnya dan ada pelanggaran maka segera laporkan kepada pihak yang berwajib. Untuk makin mencegah investasi bodong bisa juga share tulisan ini … BASMI INVESTASI BODONG !!!

#CemilanBisnis
#HBU
#DeBrittoBusinessCommunity