Hari Belanja Online Nasional atau biasa disingkat HARBOLNAS merupakan hari dimana banyak toko online di Indonesia memberikan diskon besar-besaran bagi pelanggan / pembeli. Dicetuskan pertama kali pada 12 Desember 2012 oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia seperti Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka and Bukalapak yang umumnya tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Tujuan dari HARBOLNAS yaitu ingin mengedukasi masyarakat untuk mulai terbiasa berbelanja online secara aman dan tidak takut akan penipuan. Selain itu diharapkan HARBOLNAS mampu menumbuhkan industri e-commerce di tanah air seperti negara lain yang sudah lebih maju.

Sejarah HARBOLNAS

HARBOLNAS terinspirasi dari CYBER MONDAY , yaitu perayaan belanja online di negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang dimana para perusahaan mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara untuk memperingati syukuran panen pada akhir tahun).

Jika ditilik lebih dalam lagi, CYBER MONDAY terinspirasi dari BLACK FRIDAY, yaitu tanda dimulainya musim belanja Natal / akhir tahun dimana toko-toko buka lebih lama dan berlomba menawarkan diskon besar-besaran. Dinamakan BLACK FRIDAY karena diharapkan catatan neraca keuangan yang tadinya mungkin ditulis dengan tinta merah (rugi) menjadi hitam (untung) dengan banyaknya penjualan yang dilakukan. 

Ayo Belanja 😀

Buat yang mau belanja produk saya bisa klik link berikut :

Tokopedia
>> https://www.tokopedia.com/mahkotadewaindon/

BukaLapak
>> https://www.bukalapak.com/u/mahkotadewa_indonesia/

Shopee
>> https://shopee.co.id/ptmahkotadewaindonesia

GogoBli
>> https://www.gogobli.com/mahkotadewa