Sudah nonton Wonder (tanpa Woman) ? Kalo belum dan ingin nonton sebaiknya jangan diteruskan membaca tulisan saya ini … agak spoiler meski tidak banyak. Wonder merupakan film keluarga yang bercerita mengenai keluarga Pullman yang terdiri dari Nate (Ayah) , Isabel (Ibu) , Olivia / Via (Anak pertama, perempuan) dan Auggie (Anak kedua, lelaki). Sejak kelahiran Auggie , keluarga tersebut seakan menjadikan Auggie sebagai Matahari dan mereka berperan sebagai planet yang mengitari Matahari. Fokus dan perhatian keluarga Pullman terpusat kepada Auggie karena Auggie memiliki kelainan bentuk wajah langka yang disebut “mandibulofacial dysostosis”. Sejak lahir Auggie harus menjalani rangkaian operasi pada wajahnya dan akhirnya memiliki bentuk wajah yang “unik”.

Karena keunikannya itu Auggie terpaksa menjalani homeschooling bersama ibunya, Isabel. Isabel bahkan menghentikan thesis dan kuliahnya sejak kelahiran Auggie. Namun saat Auggie kelas 5 , keluarga Pullman sepakat bahwa sudah waktunya Auggie yang tidak memiliki teman itu untuk keluar dan mengenal dunia luar. Mereka memasukkan Auggie ke sekolah umum setelah diawali konflik antara Nate dan Isabel mengenai kesiapan Auggie. Jelas ketakutan utama yaitu penerimaan murid lain akan kondisi wajah Auggie yang unik, untuk kemampuan berpikir mereka tidak khawatir karena Auggie termasuk anak cerdas dan menonjol di bidang Science.

Ketakutan mereka akhirnya jadi kenyataan , Auggie yang sering mengenakan helm astronot untuk menutupi wajahnya itu mendapat “pandangan aneh” dan bully dari beberapa kawannya di sekolah. Sakit hati dan kekecewaan Auggie memuncak saat Jack Will, kawan satu-satunya berbicara hal buruk dibelakangnya.

Ternyata Auggie bukan satu-satunya di keluarga itu yang punya masalah. Olivia , kakak wanitanya juga memiliki masalahnya sendiri. Sejak Auggie lahir, perhatian orang tua kepadanya otomatis sangat jauh berkurang . Masalahnya makin bertambah saat di lingkungan SMA dia kehilangan sahabat baiknya Miranda yang tiba-tiba menjauh darinya.

Selama menonton Film ini ada beberapa pesan yang saya tangkap dan bagi saya telak “Menyindir” diri sendiri yaitu :

– Setiap orang punya masalahnya sendiri, jangan merasa jadi orang termalang di dunia
– Seberat apapun masalah pada akhirnya harus dihadapi, nanti akan ada jalan
– Orang bisa “berubah” karena suatu alasan , tapi juga bisa “kembali sadar”
– Keluarga adalah yang utama
Dahulukan berbuat baik daripada berbuat benar

Bagaimana cara Auggie untuk bisa menyesuaikan diri ?
Apakah Olivia akan berteman lagi dengan Miranda ?
Apa alasan Miranda yang cantik itu menjauh dari Olivia ?

Apakah mau nonton Wonder ? Jangan lupa ajak keluarga atau kawan dekat kalo memang mau nonton 🙂 .

Penilaian personal : 7,7