Bro, bosen gue jadi karyawan, cara jadi pengusaha gimana ya?

Jadi PengusahaJika Anda termasuk orang yang kemungkinan punya pertanyaan serupa, maka Anda bisa membaca tulisan saya berikut ini sebagai masukan. Saya belum jadi pengusaha besar dengan omzet Triliunan , tapi PASTI akan kesana. Kenapa? Karena saya ingin “memiliki” lebih agar bisa “memberi” lebih banyak bagi yang membutuhkan … demi Indonesia yang lebih baik 🙂

Memulai sebuah bisnis atau usaha menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus menakutkan. Senang jika melihat peluang keberhasilan yang akan didapat , takut jika melihat besarnya kerugian yang akan diderita bila berujung pada kegagalan. Berikut langkah untuk memulai sebuah usaha menurut saya.

DOA

Sebelum memulai dan saat mengakhiri sesuatu saya selalu membiasakan diri dengan DOA.

Bangun MINDSET PENGUSAHA

Saat memutuskan jadi Pengusaha atau memulai sebuah usaha, Anda harus membangun Mindset bahwa “Saya ini seorang Pengusaha” . Saya akan sukses dengan usaha yang akan saya tekuni , tambahkan kata-kata “demi siapa“. Ini adalah alasan utama Anda “memulai usaha”. Bisa demi keluarga , Tuhan , dll. Selalu ingat ini saat terpikir kata menyerah.

Lakukan Riset Internal

Ini dilakukan untuk menentukan usaha apa yang akan Anda tekuni. Beberapa pertanyaan internal yang bisa Anda jawab :

  • Apa yang saya sukai?
  • Apa keahlian saya? modal apa yang saya miliki?
  • Berapa nominal uang yang dapat saya siapkan untuk memulai usaha?
  • Apa keahlian yang mungkin bisa saya pelajari?
  • Adakah teman , relasi atau saudara saya yang memiliki sebuah usaha?
  • Adakah teman , relasi atau saudara saya yang mencari suatu produk? apa kebutuhan mereka?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan tadi seharusnya ada semacam gambaran mengenai usaha yang akan Anda lakukan, ini dinamakan IDE USAHA .

Lakukan Riset Peluang Usaha

Riset peluang usaha dilakukan untuk menguji kelayakan IDE USAHA Anda. Lakukan penelitian untuk melihat beberapa hal seperti :

  • Bagaimana trend usaha yang akan ditekuni, apakah musiman , trend yang sedang naik , konstan , dll. Yang bagus adalah perkiraan trend yang konstan atau cenderung naik.
  • Bagaimana dengan kompetitor? Apakah mereka terlalu kuat? Bisakah Anda mengambil celah yang tidak mereka kuasai?
  • Bagaimana dengan pasar ? apakah pasar mudah ditemui ? Mampukah Anda menuju pasar yang ditargetkan?

Saat IDE USAHA Anda lolos uji kelayakan pada riset peluang usaha, maka Anda layak meneruskan ide tersebut menjadi sebuah usaha .

Siapkan Modal & Atur Strategi

Saatnya mempersiapkan modal baik berupa perlengkapan , uang , keahlian , partner , karyawan , dll. Siapkan sebaik mungkin karena inilah “senjata” Anda. Untuk “peluru”nya , yang harus dipersiapkan adalah STRATEGI. Siapkan berbagai strategi pemasaran , strategi produksi , strategi pengiriman , strategi pelayanan , dll. Ini akan sangat menentukan keberhasilan, karena itu siapkan sebaik mungkin dan jangan ragu untuk bertanya kepada yang lebih berpengalaman.

MULAI

Saat semua sudah siap, maka saatnya MULAI jadi PENGUSAHA. Lakukan semua strategi yang telah dipersiapkan untuk mensukseskan usaha yang Anda lakukan, terus tanamkan MINDSET PENGUSAHA agar kuat menancap pada diri Anda .

Yang harus dilakukan setelah Anda mulai jadi PENGUSAHA

  • Jaga konsistensi produk / jasa dan terus tingkatkan mutu dan pelayanan
  • Selalu ukur tingkat keberhasilan setiap melakukan strategi pemasaran yang berbeda, ini untuk menentukan mana strategi yang TEPAT
  • Lakukan inovasi-inovasi untuk selalu berada di depan para pesaing
  • Jika sudah sukses jangan lupa BERBAGI … banyak memberi akan banyak menerima pastinya … monggo kalau ada yang mau sharing tips lainnya 🙂

[poll id=”4″]