Buat yang mau liat Wolverine bergoyang dan bernyanyi sambil disuguhi tontonan bermutu sarat pesan maka wajib nonton The Greatest Showman. The Greatest Showman merupakan film musikal yang terinspirasi dari P.T. Barnum , pencipta The Barnum & Bailey Circus.

FIlm ini diawali dari kisah masa kecil P.T yang miskin tapi memiliki impian besar. Setelah dewasa , P.T akhirnya menikahi Charity, cinta masa kecilnya yang berasal dari keluarga kaya. Mereka kemudian memiliki 2 putri kecil dan membangun keluarga yang bahagia meski sederhana. Dalam hati kecilnya P.T berjanji untuk sukses agar bisa membahagiakan keluarga dan membuktikan dirinya dimata mertuanya yang selalu memandang rendah. 

Kenyamanan keluarga sederhana itu terusik saat P.T di PHK dari pekerjaannya. Tak berlarut dalam kesedihan, P.T yang bertekad untuk sukses demi keluarganya kemudian mulai membangun usaha. Perjalanan menjadi pengusaha hiburan sukses tergambarkan dengan baik yaitu :

– Saat memulai : yaitu alasan memulai usaha, perumusan ide bisnis, mendapatkan modal yang dibutuhkan, penentuan strategi pemasaran, dst
– Menjalankan usaha : ternyata perhitungan dan apa yang kita pikirkan belum tentu “laku”. Segera berubah dan berbenah jika ingin terus berjalan. Lakukan konsistensi usaha dan terus berinovasi.
– Sukses : mitos 3 ujian terbesar pria sukses yaitu Harta, Tahta, Jenny Lind (Wanita) ada semua disini.
– Jatuh : usaha tidak akan lengkap tanpa jatuh , ketiga ujian terbesar pria diatas menjadi penyebab jatuhnya P.T. Barnum
– Bangkit : untuk bisa bangkit rahasianya adalah melihat kembali apa alasan memulai    

Sedikit banyak , Saya bisa merasakan apa yang dirasakan dan alami oleh P.T. Barnum. Tidak ada bisnis yang mudah , godaan dan resiko selalu ada. Saat jatuh dan terpikir untuk berhenti , yang harus dilakukan adalah melihat kembali alasan semuanya dimulai. Sukses tak akan pernah lengkap tanpa keluarga dan orang terdekat untuk berbagi.

Oh ya yang jadi Jenny Lind bisa bikin simbah-simbah puber lagi lho … 😀

Penilaian Personal : 8