10 Strategi Membuat Diskon Yang Menarik

10 Strategi Membuat Diskon Yang Menarik

276
0
SHARE

Konsumen manapun akan senang mendengar kata diskon , apalagi GRATIS . Bagaimana cara memberikan diskon yang baik agar diskon atau potongan harga selalu dinanti konsumen Anda dan bukan menjadi sesuatu yang “biasa” saja. Berikut beberapa tips atau strategi memberikan diskon yang menarik , hasil pengalaman dan cerita kawan-kawan sesama “bakul” :

1. Berikan kata “GRATIS” pada promo diskon atau potongan harga
Sebenarnya konsumen juga tau bahwa tidak ada yang sepenuhnya gratis , tapi tetap saja mereka suka dengan kata itu. Bisa diterapkan Buy One Get One (BOGO) alias Beli Satu GRATIS Satu atau GRATIS ongkos kirim.

2. Gunakan nominal 9 untuk akhiran harga
Psikologis konsumen lebih fokus ke jumlah dan bukan pembulatannya. Harga Rp. 49.999,- atau Rp. 49.900,- jauh lebih menarik daripada Rp. 50.000,-.

3. Berikan batasan waktu diskon
Agar konsumen lebih merasa perlu secepatnya membeli produk maka berikan batasan waktu, jangan terlalu panjang waktunya.

4. Jangan mendiskon barang reject
Image produk akan turun jika Anda melakukan diskon barang reject secara terang-terangan.

5. Manfaatkan momentum khusus
Memberikan diskon dengan memanfaatkan momentum khusus semisal Hari Raya bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

6. Berikan diskon untuk pembelian berikutnya
Untuk memacu konsumen membeli lebih banyak bisa menerapkan diskon untuk pembelian barang berikutnya atau bisa juga hari berikutnya. Misalnya : dapatkan diskon 50% untuk produk ke 2.

7. Berikan batas maksimum pembelian
Secara psikologis , konsumen akan berpikir bahwa produk yang didiskon sangat laku dan memacu untuk membeli dalam jumlah maksimum.

8. Berikan batas minimum pembelian
Berikan batas minimum pembelian seperti “dapatkan harga X untuk minimal pembelian sejumlah Y”.

9. Buat beberapa paket diskon
Berikan konsumen beberapa pilihan paket diskon yang sebenarnya membuat mereka merasa rugi jika tidak memilih paket tertentu yang Anda targetkan. Misalnya ukuran wadah pop corn di bioskop yang membuat Anda merasa lebih “untung” jika membeli ukuran besar daripada ukuran terkecil karena selisih harga dianggap tidak terlalu jauh.

10. Lakukan Variasi dan Improvisasi
Tidak semua strategi diatas dapat diterapkan pada semua produk / usaha, lakukan beberapa tes dan catat hasilnya untuk dibandingkan mana yang terbaik untuk diterapkan pada produk / usaha Anda.

 

Siap melakukan strategi Diskon?

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY