Modus Penipuan Email Untuk Mendapatkan Password Email Anda

Modus Penipuan Email Untuk Mendapatkan Password Email Anda

481
0
SHARE

Saya baru saja dapat email dari “Yahoo” untuk mengupdate account email untuk menghindari suspensi atau penonaktifan email. Namun ternyata setelah saya cek dengan seksama ternyata ini adalah SCAM alias penipuan untuk mendapatkan password email Saya. Ini beberapa alasannya :

  1. Keterangan di nama pengirim memang dari Yahoo, namun saat coba reply ternyata dari alamat email biasa. Saat ini penipu juga bisa mengatasnamakan email Yahoo, cuma yang coba menipu saya kali ini kurang “canggih”.
  2. Email yang dikirim disertakan link yang menuju suatu halaman login “Yahoo”. Amat sangat mirip, tapi PALSU. Saya lihat urlnya : http://cancuntourslink.com/fdag/index.html . Saya coba buka domain utamanya ternyata website “travel” yang besar kemungkinan juga “tipu2” .

Jadi pesan moralnya adalah : HATI – HATI terhadap modus penipuan seperti ini, jangan pernah masukkan password email Anda sembarangan. Tanya ke orang yang benar-benar mengerti dan dapat Anda percaya jika tidak yakin , penipuan seperti ini bisa menipu siapa saja. Bahkan orang IT saya pun pernah hampir tertipu, untung segera saya ingatkan dan langsung mengganti password 🙂

Contoh screenshotnya :

Share

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY