Get Adobe Flash player
Kategori Artikel
Taekwondo Kid :)
Artikel Pilihan

Pengusaha sebaiknya memiliki sifat IRI , DENDAM dan SOMBONG

Share

Sifat PengusahaEntah mengapa daripada menyebut entrepreneur atau wiraswasta , Saya lebih suka menyebut kata PENGUSAHA . Terdengar lebih “wah” , paling tidak bagi Saya sendiri. Saya menulis ini diilhami dari beberapa sahabat pengusaha yang telah mengenyam kesuksesan dan juga dari pengalaman pribadi pastinya. Tulisan saya kali ini mengenai “sifat” atau “sikap” apa yang harus ada dalam diri seorang pengusaha . Saya tidak akan menyebut pantang menyerah , suka bekerja keras , atau kreatif … bagi Saya sifat yang harus ada yaitu IRI , DENDAM dan SOMBONG . Saya percaya sifat yang kata orang negatif ini bisa berubah menjadi positif , berikut penjelasan Saya :

 

IRI

Seorang pengusaha harus memiliki sifat iri , yaitu iri ketika melihat keberhasilan orang lain dalam menjalankan usaha atau iri dalam pencapaian luar biasa seorang pengusaha. Jika rasa iri tidak Anda kembangkan maka yang timbul adalah dengki dan stress yang sesekali disertai komplikasi minder … hehehe

Namun jika rasa iri tersebut Anda kembangkan menjadi sebuah tekad seperti : “Saya HARUS bisa lebih sukses darinya” kemudian dilanjuti dengan timbulnya ide dan perencanaan untuk mencapai tujuan Anda maka Saya yakin bahwa besar kemungkinan Anda akan mencapai tujuan tersebut.

Tips lain dalam mengembangkan rasa “iri” tersebut adalah tambahkan jawaban untuk pertanyaan : “Mengapa saya ingin sukses?” . Demi siapa Anda ingin sukses? Bagi Saya uang bukanlah tujuan utama, untuk apa Uang tersebut saya gunakan adalah tujuan utama. Misalnya adalah demi membahagiakan keluarga , demi bisa menolong orang yang membutuhkan , dll .

Rubah IRI menjadi sebuah TEKAD dan TUJUAN

DENDAM

Dendam bisa berbahaya jika Anda ingin membalas dendam dengan tujuan menjatuhkan atau menyakiti seseorang. Dendam seorang pengusaha timbul saat seseorang meremehkan usahanya atau dirinya sendiri. Teman saya seorang pengusaha telur asin berumur diatas 50 tahun mengalami beberapa cibiran dan ejekan bahwa dirinya tidak mampu dan usahanya hanya pengisi waktu tidak berguna. Kini dia telah sukses “membalas dendam” kepada mereka yang mengejeknya dengan mengembangkan omzetnya puluhan kali lipat …

Rubah DENDAM menjadi sebuah PEMBUKTIAN

SOMBONG

Kalo kata orang kesombongan bisa menjatuhkan , kalo kata saya sombong itu perlu buat seorang Pengusaha . Sombong yang saya maksud adalah keyakinan akan diri sendiri dan produk yang Anda hasilkan / Anda jual . Saat Anda menjual atau menawarkan produk maka Anda harus sangat yakin akan produk tersebut , dengan demikian calon pembeli akan “menganggap serius” dan lebih mempercayai keunggulan produk yang Anda tawarkan.

Perlu diingat bahwa sombong itu bukan berarti Anda boleh MEREMEHKAN , jangan pernah sekali-sekali meremehkan orang yang Anda tawarkan dan meremehkan produk pesaing. Sombong yang disertai meremehkan biasanya menyebabkan diri Anda “tertutup” akan ide baru dan kewaspadaan pun akan menurun.

Sombong berarti YAKIN namun tidak meremehkan

Share

7 Responses to “Pengusaha sebaiknya memiliki sifat IRI , DENDAM dan SOMBONG”

Leave a Reply

UseQuote.com : kata-kata mutiara , life quote , dll

Kumpulan dari Puluhan Ribu Kata Mutiara