Get Adobe Flash player
Kategori Artikel
Taekwondo Kid :)
Artikel Pilihan

Belajar Grafologi dan Tanda Tangan

Share

Grafologi / Graphology

GrafologiGrafologi atau graphology adalah sebuah cabang pengetahuan yang secara khusus mempelajari arti dari tulisan tangan. Dalam dunia akademis biasanya grafologi dimasukkan kedalam bagian dari ilmu psikologi.Yang dipelajari dalam graphology adalah pola-pola tulisan serta tarikan otot-otot syaraf halus yang akhirnya membentuk tulisan tersebut. Ternyata pola-pola dan bentuk-bentu huruf tertentu itu mempunyai korelasi yang sangat erat dengan sifat ataupun kepribadian dan karakter penulisnya.

 

Grafologi, di Indonesia, belum terlalu populer, tetapi kalau kita melihat sejarahnya, ilmu graphology ini sudah jauh dipakai bahkan sebelum masehi. Bangsa Cina kuno sudah mengenal bahwa tulisan tangan punya kaitan erat dengan kepribadian seseorang. Buku pertama yg diterbitkan mengenai tulisan tangan adalah pada tahun 1622 oleh seorang dokter dan professor dari Itali yg bernama Camilio Baldi. Tapi istilah “graphology” atau “grafologi” itu sendiri baru muncul pada tahun 1870 dari publikasi di Perancis oleh seorang yg bernama Jean Michon, yang melakukan riset pertama dan masih merupakan dasar-dasar yg harus dibaca para penafsir tulisan tangan. Setelah melalui banyak riset, ditemukan fakta-fakta bahwa gerakan otot-otot halus jari-jari tangan yang membuat terjadinya tulisan, ternyata sangat erat kaitannya dengan pikiran bawah sadar penulisnya.

 

“Apa isi tulisan itu dikontrol oleh pikiran sadar, namun bagaimana cara menuliskannya dikontrol oleh pikiran bawah sadar”.

 

Grafologi atau graphology menjadi sangat menarik karena pikiran bawah sadar itu jujur sehingga ciri-ciri yang ditunjukkan tulisan tangan juga jujur. Karena keunikannya ini grafolog yang berpengalaman akan bisa menentukan apakah seseorang berbohong atau mengatakan hal yang sejujurnya. Di Amerika Serikat, Eropa dan Australia, grafologi sudah digunakan dan diakui dalam persidangan sebagai saksi ahli dalam kasus-kasus kriminal.

 

Namun demikian, tetap ada beberapa keterbatasan dari grafologi, karena ada beberapa hal yang tidak bisa disimpulkan dari tulisan tangan seseorang, yaitu :

  1. grafolog tidak dapat membedakan antara tulisan wanita dan pria.
  2. grafolog juga tidak dapat menentukan usia penulis.
  3. Warna kulit / ras dan agama juga tidak dapat ditampilkan oleh tulisan tangan.
  4. grafolog tidak bisa me membedakan apakah penulisnya kidal atau “kadal” J. Tapi yang menarik, kalau seseorang kehilangan tangan dan menulis menggunakan kaki, atau mulut, ciri-ciri traitnya akan tetap sama, karena itu biasanya tulisan itu seringkali kita sebut sebagai “tulisan otak (brain print)”.

 

Tanda Tangan

Tanda tangan seseorang juga dipelajari dalam graphology , tanda tangan menunjukkan bagaimana Anda ingin dikenal atau dipandang. Misalnya apakah tanda tangan Anda mudah dibaca atau hanya tampak seperti tulisan “ruwet” , tanda tangan yang mudah dibaca menandakan kepercayaan diri dan keterbukaan.

Salah satu contoh lain yaitu tanda tangan yang memiliki ornamen tambahan seperti bentuk hati , bintang , dll menunjukkan bahwa pemilik tanda tangan tersebut membutuhkan perhatian lebih.

Belajar Grafologi

Banyak orang masih salah mengira grafologi hanya digunakan untuk recruitment, tapi sebenarnya manfaat belajar grafologi sangat luas sekarang ini, misalnya : mencari partner usaha bisnis, mencari pasangan, mengenali kekuatan / kelemahan diri, sebagai barometer untuk kondisi anak-anak, bahkan digunakan juga untuk terapi.

Walaupun kedengarannya cukup rumit, ternyata belajar grafologi dapat dipelajari oleh awam tanpa perlu persyaratan khusus. Artinya tidak perlu mempunyai latar belakang psikologi untuk bisa mempelajari ilmu ini.Tentunya untuk menjadi fasih perlu latihan yang cukup untuk bisa mengenali dan menganalisa, tapi itu semua dapat dipelajari.

Saya sendiri sempat mengikuti pelatihan grafologi dan tanda tangan yang diselenggarakan oleh sahabat sekaligus client saya yang juga owner dari www.graphomaster.com (Hindro Muljanto) . Salah satu keuntungan menjadi konsultan bisnis online yaitu saya bisa mempelajari berbagai bidang bisnis atau ilmu yang dilakukan oleh client :)

Metode belajar grafologi yang santai tapi “masuk” diterapkan oleh Pak Hindro Muljanto . Banyak kata “ooohhh , pantesss” yang saya ucapkan dalam hati . Waktu belajar saya membawa beberapa contoh tulisan tangan karyawan dan ternyata materi yang disampaikan bisa dibilang 97% tepat dengan karakter pemilik tulisan.

Beberapa karyawan yang belum menuliskan tulisan tangan saya minta menulis dan saya analisa untuk praktek , eh ternyata hasil analisa saya BENAR. Wah serasa peramal atau dukun neh , rambut gondrong sudah mendukung pula … wkwkwk …

Buat yang tertarik belajar grafologi saya sarankan langsung ke pak Hindro deh … pasti BISA

Share

3 Responses to “Belajar Grafologi dan Tanda Tangan”

Leave a Reply

UseQuote.com : kata-kata mutiara , life quote , dll

Kumpulan dari Puluhan Ribu Kata Mutiara