Indahnya belajar berbagi dengan sekumpulan anak umur belasan tahun

Indahnya belajar berbagi dengan sekumpulan anak umur belasan tahun

578
2
SHARE

 

Pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2011 saya makan di food court salah satu Mall di Jakarta Utara. Saat duduk sambil menyantap makanan saya melihat meja di depan saya ada sekitar 10 anak umur 12anย  tahun dengan tampilan “sangat sederhana” duduk sambil bercanda. Pandangan mereka berkeliling memandang semua counter di food court, lalu tak lama masing-masing mengeluarkan uang dari kantong mereka dan dihitung. Salah seorang dari mereka mengumpulkan semuanya dan pergi ke salah satu counter makanan cepat saji dan tak lama kemudian membawa satu piring makanan (sejenis kebab).

Ketika makanan ditaruh semua anak memandang penasaran dan tampak “lapar” , mereka tambah tampak lapar ketika salah seorang dari mereka mulai memotong-motong makanan tersebut menjadi beberapa bagian. Saat selesai, masing-masing mengambil sepotong , tanpa berebut dan tampak sangat menikmati. Karena hanya satu piring , tentu saja tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk “mengosongkan”ย  piring tersebut.

Melihat kejadian di depan mata tersebut otomatis saya “tersentuh” … mereka memiliki semangat berbagi dan kebersamaan yang luar biasa. Saya kira makanan fast food tersebut adalah makanan MEWAH bagi mereka, tapi mereka bisa dengan tertib dan sabarnya untuk berbagi. Tidak ada kata-kata protes sedikitpun seperti : “woy daging loe lebih banyak” atau “kok bagian gue lebih sedikit?“.ย  Saya teringat bahwa saat saya seumuran mereka, makanan fast food seperti itupun merupakan makanan yang cukup “mewah” meski rasanya saya jauh lebih beruntung dibandingkan mereka.

Tanpa pikir panjang saya memberikan “menu tambahan” untuk mereka nikmati bersama … Ehhhh ternyata orang yang duduk di meja sebelah saya pun melakukan hal serupa (kompak tanpa rencana). Menu makan mereka jadi bertambah banyak, rupanya orang sebelah saya punya perasaan sama seperti saya. Perasaan untuk berbagi dan semangat indahnya berbagi ๐Ÿ™‚ . Meski makanan di meja mereka sekarang cukup banyak, namun tidak ada perubahan pada cara mereka makan. Tetap berbagi dengan tertib dan tanpa kata-kata protes terucap. Gileee … hebat tuh anak-anak … masih muda namun bisa berbagi … ahhh banyak orang dewasa yang dapat mencontoh mereka.

 

Share

2 COMMENTS

  1. wuihhh jadi sembab mataku, mendadak inget jaman dulu. Saat ayah pulang membawa makanan seperti itu waktu aku dan dua adikku masih kecil. Thank U buat mas Bimo yang ngingetin untuk berbagi.

LEAVE A REPLY