Get Adobe Flash player
Kategori Artikel
Taekwondo Kid :)
Artikel Pilihan

Sejarah Hari Valentine | Pengertian Hari Valentine

Share

sejarah hari valentine | Pengertian hari ValentineSejarah Hari Valentine masih diselimuti misteri. Tapi kita tahu bahwa Februari telah lama menjadi bulan asmara. Hari Valentine, seperti yang kita kenal sekarang, mengandung sisa-sisa kedua tradisi Kristen dan Romawi kuno. Jadi, siapa itu Santo Valentine dan bagaimana dia menjadi terkait dengan ritual kuno? Hari ini, Gereja Katolik mengakui setidaknya tiga orang kudus yang berbeda bernama Valentine atau Valentinus, yang semuanya mati sebagai martir.

Salah satu legenda berpendapat bahwa Valentine adalah seorang imam yang melayani selama abad ketiga di Roma. Ketika Kaisar Claudius II memutuskan bahwa pria lajang membuat prajurit yang lebih baik dibandingkan dengan istri dan keluarga, ia melarang perkawinan bagi laki-laki muda Рhasil panennya tentara potensial. Valentine, menyadari ketidakadilan dari keputusan tersebut, Ia  menantang dan terus melakukan pernikahan bagi pecinta muda secara rahasia. Ketika aksi Valentine ditemukan, Claudius memerintahkan bahwa dia harus dihukum mati.

Cerita lain menyatakan bahwa Valentine mungkin telah dibunuh karena mencoba untuk membantu orang-orang Kristen melarikan diri penjara keras Roma dimana mereka sering dipukul dan disiksa.

Menurut salah satu legenda, Valentine sebenarnya mengirimkan sendiri ucapan¬† “valentine” pertama. Sementara di penjara, diyakini bahwa Valentine jatuh cinta dengan seorang gadis muda – yang kemungkinan adalah putri sipir penjaranya – yang mengunjunginya selama Ia di penjara. Sebelum kematiannya, dituduh bahwa dia menulis sebuah surat, yang ia tandatangani “From Your Valentine” sebuah ungkapan yang masih digunakan sampai sekarang. Meskipun kebenaran di balik legenda Valentine masih misteri, cerita-cerita yang ada pasti menekankan Valentine sebagai sosok romantis, simpatik, heroik dan penting. Tidak mengherankan bahwa pada Abad Pertengahan, Valentine adalah salah satu orang kudus yang paling populer di Inggris dan Perancis.

Sementara beberapa percaya bahwa Hari Valentine dirayakan di tengah bulan Februari untuk memperingati ulang tahun kematian Valentine atau penguburan – yang mungkin terjadi sekitar 270 AD – klaim lain bahwa gereja Kristen mungkin telah memutuskan untuk merayakan hari raya Valentine di tengah Februari sebagai upaya untuk “mengkristenkan” perayaan festival Lupercalia. Di Roma kuno, Februari adalah awal musim semi dan dianggap sebagai waktu untuk pemurnian. Rumah-rumah dibersihkan dengan disapu dan kemudian diberikan percikan garam dan jenis gandum diseluruh interior mereka. Lupercalia, yang dimulai pada 15 Februari, adalah festival kesuburan didedikasikan untuk Faunus, dewa pertanian Romawi, serta pendiri Roma Romulus dan Remus.

Ucapan valentine tertua yang masih ada saat ini adalah sebuah puisi yang ditulis oleh Charles, Duke of Orleans kepada istrinya ketika ia dipenjarakan di Menara London setelah penangkapannya pada Pertempuran Agincourt. SalamValentine , yang ditulis pada tahun 1415, merupakan bagian dari koleksi naskah Perpustakaan Inggris di London, Inggris. Beberapa tahun kemudian, diyakini bahwa Raja Henry V mempekerjakan seorang penulis bernama John Lydgate untuk menulis catatan valentine dengan Catherine dari Valois.

Di Inggris, Hari Valentine mulai populer dirayakan sekitar abad ke tujuh belas. Pada pertengahan abad kedelapan belas, adalah hal yang biasa bagi teman-teman dan kekasih dalam semua kelas sosial untuk saling bertukar bukti kecil sayang atau catatan tulisan tangan. Pada akhir abad ini, kartu yang dicetak mulai menggantikan surat tertulis karena perbaikan dalam teknologi pencetakan. Kartu cetakan adalah cara mudah bagi orang untuk mengekspresikan emosi mereka. Prangko harga murah juga berkontribusi pada peningkatan popularitas mengirim salam Valentine Day. Amerika mungkin memulai ucapan pada Kartu Valentine di awal 1700-an. Pada 1840-an, Esther A. Howland mulai menjual kartu valentine yang diproduksi secara massal pertama di Amerika.

Menurut Greeting Card Association, diperkirakan satu milyar kartu valentine dikirimkan setiap tahun, membuat Hari Valentine sebagai hari terbanyak kedua dalam pengiriman kartu (terbanyak adalah Natal, sebanyak 2,6 Milyar)

Sekitar 85 persen dari semua kartu valentine dibeli oleh perempuan. Selain Amerika Serikat, hari Valentine dirayakan di Kanada, Meksiko, Inggris, Perancis, dan Australia.

Valentine saat ini

Terlepas dari kisah hari valentine yang masih diliputi misteri, saat ini hari valentine lebih dikenal sebagai Hari Kasih Sayang yang umum. Hari Valentine saat ini diartikan tidak hanya sebatas mengungkapkan perasaan cinta pada pasangan , tapi juga pada keluarga , teman , dll. Baca juga artikel Tradisi Valentine di negara non-Barat dan Arti Coklat Valentine .

sumber : history.com

Share

One Response to “Sejarah Hari Valentine | Pengertian Hari Valentine”

  • waruwu:

    selamat menunjang hari Valentine…. Vaelentine mengingatkan kita akan sebuah kisah kasih yang indah dalam kehidupan kekristenan…. jangn lupa ucapan hari Valentine kepada sesamamu.. karena itu satu hal yang menambah persahabtan kita dengan orang lain..gbu

Leave a Reply

UseQuote.com : kata-kata mutiara , life quote , dll

Kumpulan dari Puluhan Ribu Kata Mutiara