Manfaat Website bagi Usaha

Manfaat Website bagi Usaha

411
0
SHARE

Kehadiran sebuah website sangat diperlukan bagi sebuah usaha atau bisnis. Tapi cukupkah sekedar memiliki website? yahhh kalo website dianggap sebagai pelengkap dan cuma “sekedar ada” sih ya cukup. Jika Anda ingin sebuah website berfungsi maksimal dalam membantu pengembangan sebuah usaha maka tentunya perlu dilakukan optimalisasi lebih lanjut.

Apa saja manfaat website bagi usaha?

Website sebagai etalase produk dan sumber informasi

Sebuah website yang berisi berbagai informasi mengenai produk / jasa yang ditawarkan adalah etalase produk yang sangat baik sekaligus sumber informasi yang mudah untuk diakses. Jika Anda sebagai pengusaha berada di suatu komunitas dan ingin menjelaskan usaha yang ditekuni maka tidak perlu repot bagi-bagi brosur, cukup  berikan kartu nama dan minta mereka mengunjungi website yang tertera pada kartu nama untuk melihat informasi usaha Anda.

Website sebagai tenaga pemasaran tanpa batasan jarak dan waktu

Website yang dapat diakses selama 24 jam dari tempat manapun di dunia yang terhubung ke internet akan membuat jarak dan waktu seakan tidak berpengaruh.  Anda dapat menjangkau client maupun calon pelanggan dari tempat manapun di dunia.

Website sebagai penjual (toko online)

Website yang difungsikan sebagai toko online akan bisa menjual kapanpun client datang berkunjung. Order akan diterima langsung dan tinggal ditanggapi saat Anda siap.

Website menghasilkan pembeli “tertarget”

Anda dapat mendatangkan banyak calon pembeli “tertarget” atau pelanggan potensial melalui sebuah website. Bisa dengan cara beriklan maupun dengan strategi Search Engine Optimization (SEO) .  Misalnya produk yang Anda jual adalah kopi luwak maka Anda dapat mendatangkan pengunjung website yang memang benar-benar mencari kopi luwak. Tentunya dengan demikian peluang terjadinya pembelian akan lebih besar.

Pastikan Anda menerapkan strategi beriklan yang tepat dan maksimalkan pula strategi SEO. Lihat juga video saya mengenai penjelasan SEO.

——————————————————————————

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website :

  • Pilih nama website dengan baik, nama perusahaan baik untuk dipilih tapi nama yang mudah diingat juga sangat baik. Saya sendiri terkadang memiliki 2 nama domain untuk satu website.
  • Jangan asal dalam tampilan, pilih design yang sesuai dengan usaha Anda. Perhatikan warna dan design.
  • Perhatikan kelengkapan website , pastikan website sudah cukup menjelaskan usaha Anda. Tambahkan foto / video yang menunjang.
  • Perhatikan bahasa website yang Anda gunakan, tidak perlu gaya2an menggunakan bahasa Inggris padahal client Anda semuanya orang Indonesia. Buat 2 bahasa jika perlu.
  • Pastikan website Anda mudah diakses, perhatikan kecepatan website Anda saat diakses.
  • Optimalkan strategi SEO dan manfaatkan jasa konsultan bisnis online seperti saya 🙂

Apakah Anda memiliki sebuah website?

View Results

Loading ... Loading ...
Share

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY