Get Adobe Flash player
Kategori Artikel
Taekwondo Kid :)
Follow @hbutomo
Artikel Pilihan

Cara Sukses Jadi Pengusaha (Memulai Sebuah Usaha)

Share

Bro, bosen gue jadi karyawan, cara jadi pengusaha gimana ya?

Jadi PengusahaJika Anda termasuk orang yang kemungkinan punya pertanyaan serupa, maka Anda bisa membaca tulisan saya berikut ini sebagai masukan. Saya belum jadi pengusaha besar dengan omzet Triliunan , tapi PASTI akan kesana. Kenapa? Karena saya ingin “memiliki” lebih agar bisa “memberi” lebih banyak bagi yang membutuhkan … demi Indonesia yang lebih baik :)

Memulai sebuah bisnis atau usaha menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus menakutkan. Senang jika melihat peluang keberhasilan yang akan didapat , takut jika melihat besarnya kerugian yang akan diderita bila berujung pada kegagalan. Berikut langkah untuk memulai sebuah usaha menurut saya.

DOA

Sebelum memulai dan saat mengakhiri sesuatu saya selalu membiasakan diri dengan DOA.

Bangun MINDSET PENGUSAHA

Saat memutuskan jadi Pengusaha atau memulai sebuah usaha, Anda harus membangun Mindset bahwa “Saya ini seorang Pengusaha” . Saya akan sukses dengan usaha yang akan saya tekuni , tambahkan kata-kata “demi siapa“. Ini adalah alasan utama Anda “memulai usaha”. Bisa demi keluarga , Tuhan , dll. Selalu ingat ini saat terpikir kata menyerah.

Lakukan Riset Internal

Ini dilakukan untuk menentukan usaha apa yang akan Anda tekuni. Beberapa pertanyaan internal yang bisa Anda jawab :

  • Apa yang saya sukai?
  • Apa keahlian saya? modal apa yang saya miliki?
  • Berapa nominal uang yang dapat saya siapkan untuk memulai usaha?
  • Apa keahlian yang mungkin bisa saya pelajari?
  • Adakah teman , relasi atau saudara saya yang memiliki sebuah usaha?
  • Adakah teman , relasi atau saudara saya yang mencari suatu produk? apa kebutuhan mereka?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan tadi seharusnya ada semacam gambaran mengenai usaha yang akan Anda lakukan, ini dinamakan IDE USAHA .

Lakukan Riset Peluang Usaha

Riset peluang usaha dilakukan untuk menguji kelayakan IDE USAHA Anda. Lakukan penelitian untuk melihat beberapa hal seperti :

  • Bagaimana trend usaha yang akan ditekuni, apakah musiman , trend yang sedang naik , konstan , dll. Yang bagus adalah perkiraan trend yang konstan atau cenderung naik.
  • Bagaimana dengan kompetitor? Apakah mereka terlalu kuat? Bisakah Anda mengambil celah yang tidak mereka kuasai?
  • Bagaimana dengan pasar ? apakah pasar mudah ditemui ? Mampukah Anda menuju pasar yang ditargetkan?

Saat IDE USAHA Anda lolos uji kelayakan pada riset peluang usaha, maka Anda layak meneruskan ide tersebut menjadi sebuah usaha .

Siapkan Modal & Atur Strategi

Saatnya mempersiapkan modal baik berupa perlengkapan , uang , keahlian , partner , karyawan , dll. Siapkan sebaik mungkin karena inilah “senjata” Anda. Untuk “peluru”nya , yang harus dipersiapkan adalah STRATEGI. Siapkan berbagai strategi pemasaran , strategi produksi , strategi pengiriman , strategi pelayanan , dll. Ini akan sangat menentukan keberhasilan, karena itu siapkan sebaik mungkin dan jangan ragu untuk bertanya kepada yang lebih berpengalaman.

MULAI

Saat semua sudah siap, maka saatnya MULAI jadi PENGUSAHA. Lakukan semua strategi yang telah dipersiapkan untuk mensukseskan usaha yang Anda lakukan, terus tanamkan MINDSET PENGUSAHA agar kuat menancap pada diri Anda .

Yang harus dilakukan setelah Anda mulai jadi PENGUSAHA

  • Jaga konsistensi produk / jasa dan terus tingkatkan mutu dan pelayanan
  • Selalu ukur tingkat keberhasilan setiap melakukan strategi pemasaran yang berbeda, ini untuk menentukan mana strategi yang TEPAT
  • Lakukan inovasi-inovasi untuk selalu berada di depan para pesaing
  • Jika sudah sukses jangan lupa BERBAGI … banyak memberi akan banyak menerima pastinya … monggo kalau ada yang mau sharing tips lainnya :)

Apakah Anda sudah memiliki usaha?

View Results

Loading ... Loading ...
Share

30 Responses to “Cara Sukses Jadi Pengusaha (Memulai Sebuah Usaha)”

  • Budi Suwito:

    setuju banget mas, pikiran saya jadi lebih terbuka untuk buka usaha. boleh saya konsultasi by japri ya.

  • ippankkkkk......:

    thanks atas cara untuk memulai suatu usaha q akan bersungguh2 dalam menjalangkan suatu usaha insaallah………….AM!!!!!!!!!!N

  • Rihenz:

    Wah..Tips yg sngat menarik mas hbutomo,, ide sh ada aku skrang mas, tp msh mkir2 soal modalx ja lg.Hehe,, doain ja ya mga bsa terwjud ni usaha..

  • Achmad Rizal Muzaeni:

    Terimakasih maz za…… saya adalah calon pengusaha…………. dan saya yakin kelak saya akan punya usaha yang bemanfaat bagi orang lain… amin……..
    minta do’anya saja…. !

  • sumarsono:

    Sampai saat ini saya masih jatuh bangun dalam berwira usaha,artikel ini tambah menyodok semangat saya dalam membuka usaha seperti impian saya menjadi pemilik usaha yang mandiri.
    kalau ingin konsultasi via japri bisa ya?

  • mamad:

    bagus bisa dapetin motivasi kerja… so spirit….

  • kusumo:

    mantep…ikut ikut

  • adhh:

    saya masih bingung om pengen usaha pa. .karena kbanyakan pngalaman krja jadi bingung. .mohon bantuanya om
    thank’s

    • hbutomo:

      ada beberapa pertimbangan :
      - lihat demand yang ada di sekitar Anda , produk apa yang banyak dicari
      - lihat kedekatan Anda dengan sumber produk (barang / jasa) , jika Anda bisa mendapatkan produk dengan harga bagus dan menjualnya dengan harga “bersaing” maka produk tersebut layak dijadikan pertimbangan :)

  • ismy:

    wiizzhh jdii smngtt bnget bwt jdii pengusha stlhh bca tu artikell … membuat gw tambahh bermotivasii inginn jdii pengusaha muda yg sukses,

  • Khoiri:

    setelah membaca yang diatas rasanya menjadi semakin bersemangat untuk berwirausaha terimakasih. semoga nantinya dapat hasil yang lebih dari cukup.

  • Hidayat:

    wah motivasinya bagus,,
    salam sukses. (y)

  • Gunawan:

    Inilah artikel yg berkwalitas trstrg merangkum gambaran besar.. Terimakasih.

    #Sekarang saatnya menggulung maju bola kecil yg bertekat terus maju menggelindingkan bola tersebut berharap bola2 sekitar menempel mnjadi bola besar & satu tujuan.
    Semoga ini menjadi energi Besar buat calon & sudah jadi pengusaha

    Terimakasih.

  • RIVAL:

    keren mas hbutomo motivasinya,
    alhamdulillah mas saya udah ada modal, tapi saya masih bingung usaha apa aja yg akan saya jalanin,
    soal’a ada 3 jenis usaha yg saya anggap bsa jalan, tp klo modal di pake usaha ketiganya, ga cukup, jenis usahanya antara lain distro, warung makan/cafe, dan toko spsre part, kira2 menurut mas yg mana yah yg prospeknya bagus, tx

    • hbutomo:

      Haloo Boz , salam kenal. Mohon maaf sangat telat menjawab :)

      Menurut Saya ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan :
      - Mana jenis usaha yang paling dikuasai?
      - Mana yang paling mudah menggapai market potensial?

      Pertimbangan Distro :
      - Saingan sudah banyak , perlu diferensiasi produk dan kreatifitas tinggi.
      - Produk tidak mengenal kadaluwarsa
      - Jika memiliki mesin sablon , bisa ditambah dengan menerima jasa sablon kaos.

      Pertimbangan Warung Makan / Cafe :
      - Produk memiliki kadaluwarsa yang singkat
      - Lokasi adalah hal utama
      - Sangat rentan persaingan
      - profit warung makan rata-rata 40% dari harga produk

      Pertimbangan Toko Spare part :
      - Tidak mengenal kadaluwarsa
      - Jika market sudah didapat , akan menjadi bidang usaha yang sangat baik karena pembelian rutin dan tingkat persaingan masuk kategori sedang

      Demikian kiranya beberapa masukan dari Saya , masukan ini hasil dari ngobrol2 dengan kawan-kawan yang memiliki ke 3 bisnis diatas dan sukses :)

  • iqbal:

    bisa dijelaskan gak,pernyataan ini… untuk jadi pengusaha gak harus bermodal uang.. saya dengar dari pengusaha di bidang IT 23 th yg sudah sukses…

    • hbutomo:

      tanpa modal bisa diartikan bahwa modal utama bukanlah modal uang , namun modal pengetahuan atau ide usaha dan mungkin juga relasi yang dapat membiayai ide usaha :)

  • arthur:

    terimakasih udah berbagi informasi mendset pengusaha. jadi semangat untuk memulai sebuah usaha :)

Leave a Reply

UseQuote.com : kata-kata mutiara , life quote , dll

Kumpulan dari Puluhan Ribu Kata Mutiara