Blogspot & WordPress , pilih mana ?

Blogspot & WordPress , pilih mana ?

416
0
SHARE

2 pilihan nge-Blog yang mungkin paling banyak digunakan adalah blogspot (dari google) dan wordpress. Ada teman yang seorang karyawan swasta tapi juga fotografer freelance berhasil saya ‘racuni’ buat bikin blog kemudian bertanya : “enakan pake blogspot atau wordpress nih ?” .

Lalu saya balik ajukan 2 pertanyaan :

1. mo pake hosting sendiri atau yg gratisan?

2. tujuannya buat nulis doank atau cari duit juga dari iklan?

Nah jawaban teman saya ini :

1. gratisan dulu deh, ga ngerti bisa bertahan nge-blog atao nggak …

2. buat sharing-sharing dunia fotografi sembari majang beberapa hasil foto ,  kali aja ada client yang minat. Eh tapi kalo emang bisa dapet duit dengan masang iklan ga ada salahnya tuh …

Buat para blogger pasti udah tau kan mesti pilih yang mana ? Yups, jawabannya pasti Blogspot. Kenapa Blogspot? ya karena di wordpress yang versi gratisan (wordpress.com) kita tidak bisa menaruh kode utk ppc (iklan pay per click) seperti adsense misalnya. Yang bisa ditaruh paling hanya image atau teks untuk afiiliate. Akan lain halnya jika kita menggunakan hosting sendiri yang berbayar pastinya. Jika memiliki hosting sendiri akan lebih baik langsung menggunakan wordpress saja karena banyaknya content gratisan baik untuk theme maupun plugin.

Penggunaan wordpress saat ini sangat beragam, mulai dari sekedar ngeblog , toko online , dan bahkan website perusahaan sekalipun. Website ini sendiri juga menggunakan wordpress.

Perkiraan biaya untuk bikin website sederhana berbasis wordpress :

  • domain (nama website) : Rp. 90.000,- hingga Rp. 120.000,- per tahun
  • hosting (tempat menyimpan website) : banyak pilihannya , cuma mungkin yang agak lumayan hargaya bermula dari Rp. 300.000 per tahun.
  • Biaya Pembuatan website : Kalo ini varian banget , tergantung jenis website dan tingkat kesulitannya. Kalo tertarik bisa contact hbutomo@markotop.biz atau isi form contact buat konsultasi 🙂
Share

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY